....Selamat untuk anakku Alifia Qurata Ayun wisuda Sarjana Farmasi....

Selasa, 06 Oktober 2009

Gula Lempeng dari Nusa Lontar

Sumber : http://blog.reynoldsumayku.com/?p=1102










Gula Lempeng dari Nusa Lontar

Andreas Mooy mengaku lupa berapa umurnya secara persis. Ia hanya memberi ancar-ancar di atas 70 tahun. Wajahnya memang dipenuhi keriput. Tetapi rekan saya om Yeremi berbisik kepada saya, mungkin Pak Andreas salah hitung umur. Buktinya, Andreas berkali-kali memanjat pohon lontar pagi itu dengan kecekatan yang sangat mencengangkan untuk ukuran lelaki berumur 70-an. Otot-ototnya tampak sungguh liat.

Kami sedang mengunjungi kebun dekat kediaman Andreas dan istrinya yang keempat, Yunce Unbanu (asal Timor), di Desa Oehandi, Pulau Rote. Saya ingin melihat dari dekat bagaimana air dari pohon lontar diproses menjadi gula berbentuk lempengan-lempengan kecil. Dengan latar belakang suara tawa anak-anak yang sedang bermain, Andreas yang tidak lancar berbahasa Indonesia itu sedang menunjukkannya.

Dengan bantuan Om Yeremi sebagai penerjemah, gambaran tentang gula lempeng saya dapatkan. Juni-Juli adalah bulan-bulan di mana lontar paceklik dari nira. Airnya kering. Kemudian mulai Agustus hingga November adalah saatnya masyarakat Rote banyak membuat gula lempeng dan gula cair dari pohon lontar, karena airnya sedang banyak-banyaknya. Desember hingga Maret, dengan asumsi standar bahwa itu sedang musim penghujan, pohon-pohon lontar biasanya tidak menghasilkan air sama sekali.

Jika Andreas bertugas memanjat pohon, mengambil nira, dan menurunkannya ke bawah dengan wadah dari daun lontar, Yunce bertugas merebus, mencetak, mendinginkan, kemudian menjual gula-gula lempeng yang dihasilkan. Ia biasanya menjual kepada pengumpul dengan harga 100 rupiah per lempeng. Dalam sehari mereka membuat minimal 150 lempengan gula.

Waktu memotretnya hanya sekitar dua jam lebih sedikit. Saya jauh dari kata puas dengan hasilnya. Tetapi setidaknya, setelah yang satu ini saya merasa lega karena target dari perjalanan ke Rote cukup terpenuhi.


Keterangan Foto :
(1) Om Yeremi Pah (jaket merah) di bawah pohon-pohon lontar dekat Danau Tua. Di Rote, ada satu jenis pohon lagi yang mirip lontar yakni pohon gewang. “Tetapi gewang tidak begitu banyak kegunaannya dibanding lontar,” katanya.

(2) Andreas Mooy di atas pohon lontar.

(3) Wadah yang digunakan terbuat dari daun lontar pula. Ini Pak Andreas Mooy dari dekat. Anda percaya ia berumur 70-an tahun? Saya percaya.

(4) Yunce Unbanu tengah mendidihkan air nira dari pohon lontar. Awalnya berwarna putih, ketika mengental akan berwarna cokelat.

(5) Gula lempeng yang masih cair dituangkan ke dalam cetakan-cetakan yang dibuat dari daun lontar juga. Kemudian didinginkan.

(6) Sudah mulai mengering.

2 komentar:

akidewa mengatakan...

SAYA IBU RISKA
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,saya sekeluarga mengucapkan banyak terimah kasih kepada AKI DEWA atas bantuanya kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI DEWA pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah angka yang diberikan AKI bener-bener tembus. sekali lagi makasih ya AKI buat angka ritualnya sehingga saya bisa menang. Berkat angka gaib hasil meditasi ritual AKI AKI DEWA saya sudah bisa bangkit dari keterpurukan juga udah buka usaha yang dijalankan suamiku dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI DEWA DI NO =085==222==500==175= memang memiliki ramalan GAIB” yang insya allah dijamin tembus 100%.ini bukan rekayasa dan yang saya tulis ini tidak ada unsur unsur kebohongan dari saya ini kenyataanmakasih atas tumpanganya moga tetap jp atau KLIK==>>>>http://b0c0ran-angka-tog3l.blogspot.com/ <<<== ini bukan rekayasa dan yang saya tulis ini tidak ada unsur unsur kebohongan
dari saya.
KESEMPATAN BAIK TIDAK DATANG 2 KALI
YANG PUNYA ROOM ATAU HALAMAN TERIMA KASIH ATAS TUMPANGANNYA

ibu nabila mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.